Pembawa Damai: Mengapa Ke Gereja ? Part 7

Pembawa damai: mengapa ke gereja part 7 ~ Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari surat rasul Paulus kepada jemaat Tuhan yang ada di kota Efesus, yaitu Efesus 1:18-19. Rasul Paulus dalam pimpinan, tuntunan, bimbingan, arahan dan ilham Roh Kudus, menulis: “Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya: betapa kayanya  kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus, dan betapa hebat kuasa-Nya bagi kita yang percaya, sesuai dengan kekuatan kuasa-Nya”.

Pembaca yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, kita masih berada pada topik tentang pembawa damai: mengapa ke gereja. Dalam pembahasan yang lalu, sudah dijelaskan secara lugas tentang dua kebenaran yaitu bahwa gereja adalah keputusan dan ketetapan Allah sejak dari semula, yaitu sebelum dunia dijadikan.

Penetapan itu dilakukan dengan tujuan supaya gereja berperan dan berfungsi secara maksimal. Gereja ada untuk menjalankan fungsinya yaitu sebagai pewaris berkat rohani, hidup dalam kasih karunia, mengenal rahasia kehendak Allah dan persiapan menuju kesatuan dengan Kristus di sorga.


Lalu telah dijelaskan juga bahwa gereja dimetaraikan oleh Roh Kudus, sehingga gereja disahkan menjadi milik Allah, dilindungi dan diberi kuasa Allah, diberi hikmat dan roh pewahyuan. Dengan demikian gereja harus hidup berdasarkan nilai-nilai kerajaan Allah di tengah-tengah dunia yang tidak lagi menganut nilai-nilai tersebut.

Berdasarkan kedua kebenaran sebagai disajikan di atas, maka ada alasan kuat bagi kita untuk pergi ke gereja. Tindakan tersebut sebagai wujud dari kecintaan kita kepada Allah dan kepada sesama tubuh Kristus.

Pada sisi lain, kita patut berbangga memiliki Allah yang begitu sempurna mendesain hidup gereja-Nya. Allah sangat mengasihi gereja-Nya sehingga Dia memeteraikannya dengan Roh Kudus. Tujuannya ialah supaya gereja-Nya memuliakan Dia dalam totalitas hidupnya.

Selanjutnya, kita juga sangat bersyukur kepada Allah di dalam Tuhan Yesus Kristus. Di dalam Kristus, kita dipilih sebelum dunia dijadikan. Di dalam Kristus, kita dipanggil dan diselamatkan dari sekian miliar manusia di muka bumi ini. Di dalam Kristus, kita menerima segala berkat rohani yang ada di dalam sorga. Di dalam Kristus, kita diperlengkapi untuk melakukan kehendak-Nya di muka bumi ini. Di dalam Kristus kita akan bersatu dengan Allah dalam kerajaan sorga.

Nah, dengan dua kebenaran tersebut, kita sungguh berbangga dan sangat bersyukur menjadi anggota gereja. Sebab di dalam dan melalui gereja kita akan melihat betapa kayanya kemuliaan Allah dan betapa hebatnya kuasa Allah dinyatakan.

Rasul Paulus dalam pimpinan, tuntunan, bimbingan, arahan dan ilham Roh Kudus menulis kepada jemaat Tuhan di Efesus dan tentunya bagi kita juga sekarang: “Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya: betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus, dan betapa hebat kuasa-Nya bagi kita yang percaya, sesuai dengan kekuatan kuasa-Nya” – Efesus 1:18-19.

Dari firman Tuhan tersebut, kita menemukan bahwa Allah membuat hati kita menjadi bersih atau bersinar terang. Dengan maksud agar kita tahu bahwa pengharapan di dalam Kristus tidak akan pernah sia-sia. Lebih dari itu, di dalam panggilan Allah kita menemukan bahwa Allah mengasihi kita dengan kasih yang sempurna.

Allah memanggil kita bukan saja untuk diselamatkan, tetapi juga untuk menikmati kembali kemuliaan yang telah hilang oleh karena dosa. Kita yang berdosa bisa menikmati kembali kehidupan yang kudus di dalam Kristus, dipulihkan kembali dan dikembalikan dalam status awal kita. Kita mengalami kuasa Allah yang maha dahsyat di dalam Kristus yang membebaskan kita dari kutuk dosa sehingga menikmati damai sejahtera.

Itulah pengharapan kita. Biarlah yang memiliki mata melihat dan yang bertelinga mendengar kebenaran yang dinyatakan oleh Allah melalui gereja-Nya.
Pembawa Damai: Mengapa Ke Gereja ? Part 7 Pembawa Damai: Mengapa Ke Gereja ? Part 7 Reviewed by yestosaratueda on January 29, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.