Gereja Yang Siap Membangun Part 1

Gereja yang siap membangun ~ Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari kitab Hagai 1:1, 12-14. Dalam Hagai 1:14, penulis kitab Hagai dalam pimpinan, tuntunan, arahan, bimbingan dan ilham Roh Kudus, menulis: “TUHAN menggerakan semangat Zerubabel bin Sealtiel, bupati Yehuda, dan semangat Yosua bin Yozadak, imam besar, dan semangat selebihnya dari bangsa itu, maka datanglah mereka, lalu melakukan pekerjaan pembangunan rumah TUHAN semesat alam, Allah mereka”.

Dalam tulisan atau ulasan yang terhadulu, sudah disampaikan prasyarat pertama. Pembaca setia blog ini bisa menemukan tulisan pertama itu: DISINI. Pada kesempatan ini, saya akan menyajikan prasyarat yang kedua untuk membangun rumah Tuhan.

Dua, untuk membangun Rumah Allah dibutuhkan adanya SEMANGAT dan SEPAKAT yang dimulai dari para pemimpin umat. Tuhan memanggil nabi Hagai pertama-tama untuk menyampaikan pesan kepada Zerubabel bin Sealtiel, selaku bupati Yehuda dan Yosua bin Yozadak selaku imam besar untuk membangun kembali Rumah TUHAN.

Dan Alkitab mencatat: “Lalu Zerubabel bin Sealtiel dan Yosua bin Yozadak, imam besar, dan selebihnya dari bangsa itu mendengarkan suara TUHAN, Allah mereka, dan juga perkataan nabi Hagai, sesuai dengan apa yang disuruhkan kepadanya oleh TUHAN, Allah mereka”.


Kutipan firman Tuhan di atas, memberikan beberapa hal penting dan mendasar bagi seluruh elemen yang terlibat dalam pembangunan rumah Tuhan. Satu, secara bersama-sama segenap elemen mendengarkan suara TUHAN, Allah mereka. Di sini spiritualitas dan iman mereka benar-benar solid dan kuat. Mereka memiliki kepekaan rohani yang sama untuk mendengarkan suara TUHAN Allah yang berkuasa, berdaulat dan berotoritas. Dua, secara bersama-sama mereka mendengar arahan, bimbingan dan panduan dari sang nabi, hamba Tuhan, dan gembala sidang yang menyampaikan pesan yang diterimanya dari Tuhan. Ini menegaskan bahwa bukti mereka tunduk kepada TUHAN Allah, yaitu mereka taat kepada pesan yang disampaikan oleh nabi Hagai.
Dengan kata lain, seluruh elemen dalam komunitas Israel dan semua elemen dalam gereja harus bersepakat. Sepakat artinya memiliki kebutuhan yang sama, memiliki kesatuan hati, memiliki pikiran yang sama dan memiliki tujuan yang sama. Tidak ada yang bergerak ke lain arah. Semuanya terfokus kepada pembangunan rumah Tuhan.

Selanjutnya firman Tuhan yang disampaikan kepada nabi Hagai, demikian: “TUHAN menggerakkan semangat Zerubabel bin Sealtiel, bupati Yehuda, dan semangat Yosua bin Yozadak, imam besar, dan semangat selebihnya dari bangsa itu”.

Kutipan firman Tuhan di atas memberikan beberapa hal penting yang perlu kita perhatikan, yaitu: Satu, adanya struktur yang menegaskan bahwa adanya satu komando yang teratur. Zerubabek bin Sealtiel sebagai pemimpin politik yang tentunya memiliki peran politik dalam pemerintahan. Dua, Yosua bin Yozadak sebagai pemimpin rohani yang menjadi juru bicara Tuhan yang menyampaikan suara kenabian. Tiga, bangsa Israel sebagai pelaksana dari kebijakan politik dan keputusan Tuhan yang disampaikan oleh imam besar Yosua bin Yozadak.

Jadi, Para pemimpin dan imam serta seluruh masyarakat Israel harus SEMANGAT terhadap panggilan untuk membangun Rumah Allah. Semangat tersebut bukanlah semangat yang muncul dari kedagingan manusiawi semua elemen dalam komunitas umat Allah. Tapi semangat yang datangnya dari Tuhan yang meneguhkan dan menguatkan mereka. Tentu ini sangat penting karena sudah pasti ada tantangan, ancaman dan hambatan dan gangguan. Karenanya butuh semangat rohani yang bersumber dari Tuhan.

Pemazmur mengingatkan pula bahwa pengurapan Allah itu seperti minyak yang baik di atas kepala meleleh kejanggut dan keleher jubahnya – Mazmur 133:2. Di sini pemazmur ingin mengajak kita untuk memahami bahwa sesungguhnya pengurapan berasal dari atas lalu dialirkan ke bawah.

Bercermin kepada firman Tuhan di atas, maka semua elemen (Gembala Sidang, Majelis Jemaat, Pengurus Komisi, Penatalayan, Panitia Pembangunan dan Seluruh Jemaat) harus semangat dan sepakat untuk meminta petunjuk Tuhan sekaligus memberikan teladan dalam melaksanakan janji iman. Semua elemen dalam gereja harus memberikan RASA SYUKUR dan KOMITMEN melakukan kebenaran firman Tuhan. Sebab Tuhan menghendaki adanya urapan dalam pembangunan Rumah Allah mulai dari para pemimpinnya hingga ke semua jemaat tanpa terkecuali.

Bersambung...
Gereja Yang Siap Membangun Part 1 Gereja Yang Siap Membangun Part 1 Reviewed by yestosaratueda on March 18, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.