Pembawa Damai: Mengapa Ke Gereja Part 4

Pembawa damai: mengapa ke gereja ~ Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari surat rasul Paulus kepada jemaat di kota Efesus, yaitu Efesus 1:3-14. Dalam Efesus 1:3-4, rasul Paulus dalam tuntunan, bimbingan, pimpinan dan ilham Roh Kudus menulis: “Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus yang dalam Kristus telah mengaruniakan kepada kita segala berkat rohani di dalam sorga. Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya”.

Dalam artikel terdahulu sudah dijelaskan bahwa apakah masih diperlukan gereja dan apakah perlu membangun gedung gereja? Sedangkan biaya operasional gereja semakin memberatkan hidup jemaat.

Guna menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut di atas, (dan itu merupakan pertanyaan banyak kaum muda kita), maka pada kesempatan ini saya mengajak pembaca untuk memikirkan dan merenungkan surat Efesus yang ditulis oleh rasul Paulus yaitu dalam Efesus 1:3-14.


Tentu pembacaan dan perenungan ini masih terbuka pada diskusi dan pendalaman masing-masing kita. Apalagi konteks jaman surat itu ditulis dengan konteks kita pada masa kini telah mengalami pergeseran dan perubahan yang sangat besar.

Hanya jika kita mempercayai bahwa firman Tuhan itu kekal dan memuat pengajaran yang baik dan bermanfaat untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran (2 Timotius 3:16), maka kita perlu menelisik dan merenungkan yang sesungguhnya dinyatakan oleh firman Tuhan tentang gereja dan hidup bergereja.

Dan saya yakin, firman Tuhan masih berguna dan baik bagi kita sampai hari ini dan bahkan sampai Tuhan datang yang kedua kalinya nanti. Minimal ada 3 kebenaran utama mengenai gereja, yaitu:

2.  Tujuan Gereja dipilih dan ditentukan oleh Allah sejak semula
Rasul Paulus dalam suratnya kepada jemaat di Efesus menjelaskan paling sedikit ada 2 alasan utama dari Allah memilih dan menentukan kita dari semula, yaitu:

Tiga, mengenal Allah dan kehendak-Nya. Allah dan kehendak-Nya hanya bisa dikenal oleh mereka yang kepadanya Allah berkenan untuk mengenal-Nya. Gereja adalah komunitas tubuh Kristus dan Tuhan Yesus Kristus adalah kepala Gereja. Sebagai Kepala Gereja, Tuhan Yesus Kristus merupakan satu-satunya Pemimpin Tunggal dalam Gereja-Nya.

Itulah sebabnya, hanya kepada Gerejalah Allah menjelaskan, menyingkapkan dan mengungkapkan rahasia tentang diri-Nya dan rencana kehendak-Nya baik di dunia ini maupun di sorga. Ini merupakan anugerah yang luar biasa bagi gereja-Nya. Karenanya orang di luar gereja tidak bisa mengenal Allah dan kehendak-Nya karena memang Allah tidak menyatakan diri-Nya dan kehendak-Nya kepada mereka.

Beberapa kutipan firman Tuhan berikut memberikan penegasan berkaitan dengan Allah dan rahasia kehendak-Nya yang dinyatakan, disingkapkan dan diungkapkan kepada gereja-Nya:

“Sebab Ia telah menyatakan rahasia kehendak-Nya kepada kita, sesuai dengan rencana kerelaan-Nya, yaitu rencana kerelaan yang dari semula telah ditetapkan-Nya di dalam Kristus” – Efesus 1:9.

“Tetapi yang kami beritakan ialah hikmat Allah yang tersembunyi dan rahasia, yang sebelum dunia dijadikan, telah disediakan Allah bagi kemuliaan kita” – 1 Korintus 2:7.

“Demikianlah hendaknya orang memandang kami: sebagai hamba-hamba Kristus, yang kepadanya dipercayakan rahasia Allah” – 1 Korintus 4:1.

“Dan untuk menyatakan apa isinya tugas penyelenggaraan rahasia yang telah berabad-abad tersembunyi dalam Allah, yang menciptakan segala sesuatu” – Efesus 3:9.

“Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Sorga, tetapi kepada mereka tidak” – Matius 13:11.

Berdasarkan kutipan-kutipan firman Tuhan di atas, maka kita menemukan bahwa betapa spesialnya gereja di hati Allah. Dikatakan demikian, karena Allah dan kehendak-Nya tidak dinyatakan, dibukakan dan disingkapkan kepada para cerdik pandai dan cendikia kecuali hanya kepada gereja-Nya.
Pembawa Damai: Mengapa Ke Gereja Part 4 Pembawa Damai: Mengapa Ke Gereja Part 4 Reviewed by yestosaratueda on January 24, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.