Pembawa Damai: Mengapa Ke Gereja Part 3

Pembawa damai: mengapa ke gereja ~ Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari surat rasul Paulus kepada jemaat di kota Efesus, yaitu Efesus 1:3-14. Dalam Efesus 1:3-4, rasul Paulus dalam tuntunan, bimbingan, pimpinan dan ilham Roh Kudus menulis: “Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus yang dalam Kristus telah mengaruniakan kepada kita segala berkat rohani di dalam sorga. Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya”.

Dalam artikel terdahulu sudah dijelaskan bahwa apakah masih diperlukan gereja dan apakah perlu membangun gedung gereja? Sedangkan biaya operasional gereja semakin memberatkan hidup jemaat.

Guna menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut di atas, (dan itu merupakan pertanyaan banyak kaum muda kita), maka pada kesempatan ini saya mengajak pembaca untuk memikirkan dan merenungkan surat Efesus yang ditulis oleh rasul Paulus yaitu dalam Efesus 1:3-14.


Tentu pembacaan dan perenungan ini masih terbuka pada diskusi dan pendalaman masing-masing kita. Apalagi konteks jaman surat itu ditulis dengan konteks kita pada masa kini telah mengalami pergeseran dan perubahan yang sangat besar.

Hanya jika kita mempercayai bahwa firman Tuhan itu kekal dan memuat pengajaran yang baik dan bermanfaat untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran (2 Timotius 3:16), maka kita perlu menelisik dan merenungkan yang sesungguhnya dinyatakan oleh firman Tuhan tentang gereja dan hidup bergereja.

Dan saya yakin, firman Tuhan masih berguna dan baik bagi kita sampai hari ini dan bahkan sampai Tuhan datang yang kedua kalinya nanti. Minimal ada 3 kebenaran utama mengenai gereja, yaitu:

2.  Tujuan Gereja dipilih dan ditentukan oleh Allah sejak semula
Rasul Paulus dalam suratnya kepada jemaat di Efesus menjelaskan paling sedikit ada 2 alasan utama dari Allah memilih dan menentukan kita dari semula, yaitu:

Dua, mengalami kasih karunia Allah. Gereja dihadirkan oleh Allah dengan maksud supaya umat-Nya mengalami, menikmati dan hidup dalam anugerah serta kemurahan Allah secara utuh dan sepenuh-penuhnya.

Rasul Paulus dalam pimpinan, tuntunan, bimbingan dan ilahm Roh Kudus, menulis: “Supaya terpujilah kasih karunia-Nya yang mulia, yang dikaruniakan-Nya kepada kita di dalam Dia, yang dikasihi-Nya” – Efesus 1:6. Bagi mereka yang belum di dalam Kristus sangat tidak mungkin untuk mengerti dan memahami akan anugerah Allah karena mereka ada di luar gereja.

Pada sisi lain, mereka yang di luar gereja atau belum di dalam Kristus tidak bisa menerima bahwa keselamatan bisa diterima hanya melalui kasih karunia Allah. Tidak ada upaya dari manusia melalui hidup saleh, berbuat baik dan lain sebagainya sebagai syarat untuk diselamatkan.

Kalau demikian adanya, maka tidak perlu susah-susah hidup saleh, melakukan kewajiban agama, dan berbuat baik kalau memang keselamatan itu semata-mata karena anugerah Allah yang diberikan dengan cuma-cuma kepada manusia. Begitulah pola pikir dan cara pandang manusia yang belum mengalami anugerah Allah.

Tetapi bagi kita sebagai pembawa damai dan telah mengalami kasih karunia Allah, maka kita memahami dan mengerti bahwa keselamatan kita semata-mata tergantung kepada Allah dan anugerah-Nya. Inilah alasan kuat mengapa kita sebagai pembawa damai harus ke gereja.

Demikianlah yang tertulis di dalam Alkitab yang adalah firman Allah sebagai satu-satunya kebenaran yang absolut tanpa salah. Rasul Paulus dalam pimpinan, tuntuan, bimbingan dan ilham Roh Kudus, menulis:

“Dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus” – Roma 3:24.

“Tetapi jika hal itu terjadi karena kasih karunia, maka bukan lagi karena perbuatan, sebab jika tidak demikian, maka kasih karunia itu bukan lagi kasih karunia” – Roma 11:6.

“Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah” – Efesus 2:8.

Dengan demikian, menjadi terang benderanglah bahwa hanya oleh anugerah kasih karunia Allah kita diselamatkan melalui penebusan dalam Tuhan Yesus Kristus. Itulah point penting dogmatika iman Kristen yang harus dimengerti dan dipahami serta dihidupi oleh gereja.
Pembawa Damai: Mengapa Ke Gereja Part 3 Pembawa Damai: Mengapa Ke Gereja Part 3 Reviewed by yestosaratueda on January 23, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.