Pembawa Damai: Mengapa Ke Gereja Part 2

Pembawa damai: mengapa ke gereja ~ Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari surat rasul Paulus kepada jemaat di kota Efesus, yaitu Efesus 1:3-14. Dalam Efesus 1:3-4, rasul Paulus dalam tuntunan, bimbingan, pimpinan dan ilham Roh Kudus menulis: “Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus yang dalam Kristus telah mengaruniakan kepada kita segala berkat rohani di dalam sorga. Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya”.

Dalam artikel terdahulu sudah dijelaskan bahwa apakah masih diperlukan gereja dan apakah perlu membangun gedung gereja? Sedangkan biaya operasional gereja semakin memberatkan hidup jemaat.

Guna menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut di atas, (dan itu merupakan pertanyaan banyak kaum muda kita), maka pada kesempatan ini saya mengajak pembaca untuk memikirkan dan merenungkan surat Efesus yang ditulis oleh rasul Paulus yaitu dalam Efesus 1:3-14.

Tentu pembacaan dan perenungan ini masih terbuka pada diskusi dan pendalaman masing-masing kita. Apalagi konteks jaman surat itu ditulis dengan konteks kita pada masa kini telah mengalami pergeseran dan perubahan yang sangat besar.


Hanya jika kita mempercayai bahwa firman Tuhan itu kekal dan memuat pengajaran yang baik dan bermanfaat untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran (2 Timotius 3:16), maka kita perlu menelisik dan merenungkan yang sesungguhnya dinyatakan oleh firman Tuhan tentang gereja dan hidup bergereja.

Dan saya yakin, firman Tuhan masih berguna dan baik bagi kita sampai hari ini dan bahkan sampai Tuhan datang yang kedua kalinya nanti. Minimal ada 3 kebenaran utama mengenai gereja, yaitu:

1.  Gereja sebagai umat Allah telah ditetapkan oleh Allah
Kita yang adalah gereja telah ditetap dari semula oleh Allah yaitu Dia menguduskan  kita, memelihara hidup kita sebagai anak-anak-Nya dan memberkati kita. Perhatikan kutipan-kutipan firman Tuhan berikut di bawah ini:

“Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya” – Efesus 1:4.

“Dalam kasih Ia telah menentukan kita dari semula oleh Yesus Kristus untuk menjadi anak-anak-Nya, sesuai dengan kerelaan kehendak-Nya” – Efesus 1:5.

“Aku katakan “di dalam Kristus” karena di dalam Dialah kami mendapat bagian yang dijanjikan – kami yang dari semula ditentukan untuk menerima bagian itu sesuai dengan maksud Allah, yang di dalam segala sesuatu bekerja menurut keputusan kehendak-Nya” – Efesus 1:11.

Jadi, melalui penegasan firman Tuhan di atas, kita mengetahui bahwa sejak semua kita sebagai umat-Nya (Gereja) telah dipilih dan ditentukan oleh Allah bahkan sebelum dunia ini dijadikan, menurut keputusan kehendak-Nya. Betapa istimewanya kita, betapa pentingnya mengetahui rahasia kebenaran firman Tuhan tersebut.

2.  Tujuan Gereja dipilih dan ditentukan oleh Allah sejak semula
Rasul Paulus dalam suratnya kepada jemaat di Efesus menjelaskan paling sedikit ada 4 alasan utama dari Allah memilih dan menentukan kita dari semula, yaitu:

Satu, menjadi pewaris berkat rohani. “Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus yang dalam Kristus telah mengaruniakan kepada kita segala berkat rohani di dalam sorga” – Efesus 1:3. Dari ayat ini kita menemukan bahwa di dalam dan melalui gerejalah kita akan menerima warisan berkat rohani dari sorga. Sama seperti warisan dalam keluarga akan diberikan kepada anak-anak yang sah, demikian jugalah warisan berkat rohani.

Coba perhatikan bagaimana Allah mencurahkan Roh Kudus kepada Yesus saat dibaptiskan dengan mengatakan: “Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan”. Dan Yesus juga bersabda kepada para murid-Nya: “Damai sejahtera bagi kamu! Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu”. Dan sesudah berkata demikian, Ia mengembusi para murid-Nya: “Terimalah Roh Kudus”.

Jadi, berkat rohani dari Allah itu diturunkan dan diberikan melalui jalur yang jelas dan resmi atau sah, yaitu dari Allah Bapa kepada Tuhan Yesus, dari Tuhan Yesus kepada para murid-Nya dan dari para murid-Nya itu lalu diteruskan kepada gereja-Nya – Kisah Para Rasul 2:33, 38.
  
Bersambung...!
Pembawa Damai: Mengapa Ke Gereja Part 2 Pembawa Damai: Mengapa Ke Gereja Part 2 Reviewed by yestosaratueda on January 23, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.