Gereja Yang Siap Untuk Membangun 3

Gereja yang siap untuk membangun ~ Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari kitab Hagai 2:8-15. Dalam Hagai 2:8, penulis kitab Hagai dalam pimpinan, tuntunan, arahan, bimbingan dan ilham Roh Kudus, menulis: “Aku akan menggoncangkan segala bangsa, sehingga barang yang indah-indah kepunyaan segala bangsa datang mengalir, maka Aku akan memenuhi Rumah ini dengan kemegahan, firman TUHAN semesta alam”.

Beberapa waktu lalu, saya telah menulis dan memposting tulisan tentang gereja yang siap untuk membangun. Pembaca setia blog ini, bisa menemukannya DISINI, DI SINI dan DI SINI. Pada kesempatan ini saya akan menguraikan prasyarat keempat dari lima prasyarat untuk gereja yang siap membangun rumah Tuhan atau gereja.

Empat, gereja yang siap untuk membangun dalam kekuatan iman kolektif. Prasyarat yang keempat dalam membangun Rumah TUHAN adalah membangun dari kekuatan janji iman para pemimpin umat dan umat sendiri. Ingat TUHAN ingin agar kita membangun dengan segenap hati, jiwa dan akal budi sebagai tindakan kasih yang paling nyata dari kita kepada TUHAN.


Jika hal ini kita lakukan dengan tulus dan sungguh, maka TUHAN akan menyatakan kuasa-Nya. Penulis kitab Hagai, menulis: “Aku akan menggoncangkan segala bangsa, sehingga barang yang indah-indah kepunyaan segala bangsa datang mengalir, maka Aku akan memenuhi Rumah ini dengan kemegahan, firman TUHAN semesta alam”.

Kutipan firman Tuhan di atas, memberikan beberapa pelajaran penting bagi kita dalam upaya membangun rumah Tuhan. Pelajaran penting dimaksud, yaitu:

Satu, Allah proaktif. “Aku akan menggoncangkan segala bangsa, sehingga barang yang indah-indah kepunyaan segala bangsa datang mengalir,...”. Di sini Allah tidak berdiam diri dan membiarkan kita bekerja sendiri. Allah akan menggerakkan bangsa-bangsa dan semua potensi yang dimilikinya untuk diberikan bagi pembangunan Rumah-Nya.

Rasul Paulus dalam suratnya kepada jemaat di kota Roma, menulis: “Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah” – Roma 8:28.

Dua, tujuan Tuhan proaktif. Dikatakan, “..., maka Aku akan memenuhi Rumah ini dengan kemegahan, firman Tuhan semesta alam”. Allah menghendaki Rumah-Nya harus megah. Dan supaya Rumah-Nya megah, maka Dia proaktif mendatangkan berkat-berkat yang dipunyai bangsa-bangsa dialihkan bagi kemegahan Rumah-Nya. Inilah visi Tuhan bagi Rumah kediaman-Nya. Tempat umat-Nya beribadah dan mendengarkan firman-Nya.

TUHAN sendirilah yang akan menggoncangkan dan menggerakkan orang lain untuk memberi, bukan kita yang meminta-minta dengan mengedarkan proposal pembangunan. Ini bisa terjadi hanya bila kita bekerja dalam iman yang kolektif. Tidak ada yang menonjolkan diri dan menganggap bahwa dialah yang penting dalam proses pembangunan rumah Tuhan.

Yakinlah bahwa di luar sana itu banyak sekali orang yang rindu untuk membalas cinta kasih TUHAN, namun belum disentuh hatinya oleh TUHAN. Nah, jika TUHAN “menggoncangkan” hatinya, maka akan mengalir deras dukungan untuk membangun Rumah TUHAN. Oleh sebab itu jangan mengedarkan proposal untuk meminta-minta sokongan atau sumbangan.

Ingat! Tuhan tidak membutuhkan sedekah! Tuhan tidak membutuhkan sokongan! pernyataan ini bukan kesombongan tapi prinsip iman. Sebab Rumah TUHAN tidak boleh dibangun oleh belaskasihan dan sumbangan sedekah. Rumah Tuhan itu dibangun dari iman dan cinta kepada Tuhan.

“Kepunyaan-Kulah perak dan kepunyaan-Kulah emas, demikianlah firman TUHAN semesta alam”. Firman Tuhan tersebut memberikan penegasan kepada kita bahwa Tuhan yang empunya langit dan bumi. Dia sumber segalanya yang dibutuhkan bagi pembangunan Rumah-Nya. Jadi, mari kita kerjakan bagian kita dengan sungguh tulus dan gembira, biarkan TUHAN melakukan bagian-Nya dalam waktu dan cara-Nya. Kita hanya diminta memiliki iman yang kuat kepada-Nya secara kolektif. Ketika kita bersatu dalam iman kepada Allah, maka mujizat-Nya pasti terjadi bagi kita.
Gereja Yang Siap Untuk Membangun 3 Gereja Yang Siap Untuk Membangun 3 Reviewed by yestosaratueda on March 19, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.